Artikel Baru

Talking about Self

Para siswa-siswi SMK yang visioner dan mandiri! Dalam kesempatan ini kita akan belajr tentang bagaimana menceritakan diri kita kepada orang lain (talking about our self). Talking about self sangat bermanfaat bagi orang yang ingin mengetahui siapa sebenarnya diri kita. Talking about self juga bagian penting dari memperkenalkan diri kita pada orang lain (introducing ourselves and others).

Materi Talking about self merupakan materi Bahasa Inggris dari kompetensi dasar (KD Pengetahuan 3.1 kelas X SMK) yang berbunyi “ Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan pronoun: subjective, objective, adjective possessive, possessive dan reflexive)”. Dan uga kompetensi dasar (KD Keterampilan 4.1 kelas X SMK) yang berbunyi “Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks”.

Tujuan Pembelajaran dari materi KD 3.1 ini adalah sebagai berikut:

1. Mengidentifikasi makna, tujuan komunikasi, struktur teks, dan unsur bahasa yang terdapat dalam teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang terkait dengan jati diri, dan hubungan keluarga sesuai dengan konteks penggunaan.

2. Meminta dan memberi informasi tentang jati diri dan hubungan keluarga dengan menggunakan struktur teks yang tepat sesuai konteks penggunaan.

3. Meminta dan memberi informasi tentang jati diri dan hubungan keluarga dengan menggunakan unsur bahasa (pronoun, subjective, objective, possessive) yang tepat sesuai konteks penggunaan.

Setelah mengetahui tentang materi dan tujuan pembelajaran dari KD 3.1 ini maka selanjutnya mari kita bahas materinya.

A. Pengertian Talking about Self

Talking about self merupakan cara untuk menceritakan tentang diri kita dan siapa kita sebenarnya sehingga orang lain dapat mengetahui dan memahami siapa sebenarnya diri kita.

B. Expressions Talking about Self...
• My name is Carolina Marta
• I’m from Indonesia and I live in Pekanbaru.
• I was born in Medan and I grew up in Pekanbaru.
• I’m fifteen  years old.
• I am the students of SMK Labor Pekanbaru. And I proud to be a Vocational High School Student.
• I like accounting because I want to be public accountant
• I don’t like wasting time because it useless
• In my free time / After school, I watch some favorite program on TV
• My best friends are Marilia and Sisilia because they can keep my secret
• My favourite sport is jogging  because it’s simple and cheap.
• I have two brothers and no  sister
• In the future, I’d like to public accountant because my father is also public accountant right now.

C. The example of Talking about Self Text

Hi, guys! Let me talk about my self. My name is Carolina Marta. I’m from Indonesia and I live in Pekanbaru. I was born in Medan and I grew up in Pekanbaru. I’m fifteen  years old. I am the students of SMK Labor Pekanbaru. And I proud to be a Vocational High School Student. I like accounting because I want to be public accountant. I don’t like wasting time because it useless. In my free time / After school, I watch some favorite program on TV. My best friends are Marilia and Sisilia because they can keep my secret. My favourite sport is jogging  because it’s simple and cheap. I have two brothers and no  sister. In the future, I’d like to public accountant because my father is also public accountant right now. I think, that’s enough if there are some questions please welcome!

D. The purpose of Talking about Self.

1. Show your personality

2. Discuss Profession

3. Avoid faking!

4. Say What's Different about Yourself.

5. Remain Friendly and Approachable

E. Grammar Review - Pronoun
 
A pronoun is a word that replaces a noun in a sentence, making the subject a person or a thing. Possessive pronouns are pronouns that demonstrate ownership, showing that something belongs to a particular someone. Like other pronouns, they're great for brevity and for avoiding repetition. Let’s take the example:

1. The toys are yours and mine. (Mainannya milik kamu dan milikmu).
2. That park is theirs and its grass is so scenic! (Taman itu milik mereka dan rumputnya sangat indah
3. My money is all in the bank now.(Uangku ada di bank semua).
4. His car is there. (Mobilnya ada di sana )
5. I myself always introspect to see what I have already done.(Diriku sendiri selalu introspeksi untuk melihat apa yang telah kulakukan).
6. I am yours, my honey.(Aku milikmu, Sayang).
7. The cat is mine. ( Kucing itu punyaku).
8. The dog is yours. ( Anjing itu milikmu)

F. Kind of Pronouns

Pronoun memiliki kategori di antaranya:
      
a. Subject Pronoun ( I, You, They, We, She,He,It).

b. Object Pronoun ( Me, You, Them, Us, Her, Him,It).

c. Possessive Adjective Pronoun ( My, You, Their, Our, Her, His,Its)

 

Tidak ada komentar